top of page
  • tobawisataindonesi0

Bus Pariwisata Medan

Salah satu dari produk travel agent di Medan adalah penyewaan bus pariwisata untuk wisatawan di Sumatera Utara, termasuk di antaranya penyediaan armada bus untuk peserta paket tour yang harganya melekat dalam harga paket wisata.


Layanan sewa bus pariwisata medan bermakna penyediaan armada transportasi untuk wisata bukan hanya big bus dan medium bus saja, bahkan termasuk di dalamnya penyewaan armada micro bus seperti Toyota Hiace, Isuzu Elf short dan long, Kia Travello atau L300 yang masih digunakan dalam angkutan wisata.


Banyak catatan penting yang mesti diperhatikan dalam penyewaan bus pariwisata di kawasan Sumatera Utara. Salah satu di antaranya adalah kelayakan unit yang dioperasikan. Anda harus mengenali lebih dekat tentang armada yang akan digunakan sebelum melakukan konfirmasi. Banyak keluhan dari pelanggan yang muncul karena rasa kecewa pada armada yang hadir tidak sesuai dengan harapan pelanggan. Untuk itu, sebaiknya pelanggan meminta konfirmasi armada yang akan digunakan melalui pengiriman gambar dan spesifikasi armada yang akan digunakan sebelum masuk ke tahap pembayaran biaya rental bus pariwisata medan.


Harus diakui bahwa selama lima tahun terakhir, kualitas bus pariwisata medan mengalami kemajuan dibandingkan masa-masa sebelumnya. Seiring dengan semakin ketatnya persaingan bisnis penyewaan bus pariwisata medan, para provider sewa bus terus berpacu menyediakan armada-armada yang lebih layak. Satu catatan yang harus diketahui, bahwa di Medan sangat jarang ada bus dengan tahun pembuatan yang baru.


Ada dua alasan yang menyebabkan demikian; pertama bahwa medan yang ditempuh dalam rute di objek wisata di Sumatera Utara berbeda dengan destinasi wisata di daerah lain sehingga penyediaan bus baru tentu memiliki konsekuensi logis yakni potensi kerusakan bus yang sangat tinggi karena kondisi medan yang cukup menantang seperti tanjakan, tikungan dan prilaku pengguna jalan umum. Kedua, biaya sewa yang memang sama antara armada baru dan lama. Sementara di Jakarta, Jogjakarta, Bali, Lombok dan lain-lain sangat berbeda di mana tahun pembuatan aramada menentukan biaya sewa. Semakin baru armada yang disewakan, maka biaya sewa akan semakin tinggi.


bottom of page